Penyakit Pada Sistem Gerak dan Penyakit Pada sistem Pencernaan

Hari ini saya akan men-share tentang penyakit pada sistem gerak dan Penyakit pada sistem pencernaan.Tujuannya hanya untuk pengetahuan saja untuk anda semua.oke check this out...:)


                                     PENYAKIT PADA SISTEM GERAK





1.FRAKTURA
adalah apabila tulang yang retak tidak sampai menyebabkan organ lain terluka atau dapat pula menyebabkan otot dan kulit terluka.

2.RAKHITIS
  
Adalah penyakit melemah nya tulang karena vitamin D.Vitamin D berfungsi membantu proses penimbunan zat kapur pada waktu pembentukan tulang.Jadi,jika kekurangan vitamin D menyebabkan tulang anggota gerak berbentuk X atau O.

3.SKOLIOSIS

Adalah penyakit dimana jika tulang belakang melengkng ke arah samping kiri atau samping kanan.Penderita yang mengalami skoliosis ini bentuk tubuhnya miring ke samping.
4.LORDOSIS


Adalah penyakit dimana jika tulang pinggang melengkung kea rah depan sehingga kepala tertarik ke belakang.


5.KIFOSIS

Adalah penyakit dimana jika tuang punggung melengkung kebelakang sehingga orang menjadi bungkuk.
6.HIDROSEFALUS
     
Adalah suatu kelainan yang ditandai dengan pengumpulan abnormal cairan spinal dan terjadi pelebaran rongga otak sehingga kepala membesar.

7.OSTEOPOROSIS
     
Adalah penurunan berat tulang karena osifikasi dan terjadi penghambatan reabsorbsi bahan tulang.Hal ini di sebabkan oleh kelainan fungsi hormone parahormon.

8.MIKROSEFALUS
        
Adalah pertumbuhan tulang tengkorak yang terlambat karena abnormalitas tirosin sehingga ukuran kepala menjadi kecil.






                              GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN


1.DIARE
     
Adalah penyakit dimana apabila kim atau hasil pencernaanlambung mengalir ke usus terlalu cepat maka defekasi menkadi lebih sering dengan feses yang mengandung air.Keadan ini disebut diare,penyebab diare antara lain ansietas(stress),makanan tertentu, atau organism perusak yang melukai dinding usus.Diare dalam waktu lama menyebabkan hilang nya air dan garam-garam mineral,sehingga terjadi dehidrasi.
2.KONSTIPASI(SEMBELIT)

Sembelit terjadi jika kim masuk ke usus dengan sangat lambat.Akibatnya,air terlalu banyak diserap usus,maka feses menjadi keras dan kering.Sembelit ini di sebab kan karena kurang mengkonsumsi makanan yang berupa tumbuhan berserat dan banyak mengkonsumsi daging.

3.TUKAK LAMBUNG (ULKUS)

Dinding lambung di selubungi mucus yang didalam nya juga terkandung enzim.Jika pertahanan mucus rusak,enzim pencernaan akan memakan bagian-bagian dari lapisan permukaan lambung.Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya tukak lambung.Tukak lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh dirongga perut.Sebagian besar tukak lambung ini di sebab kan oleh infeksi bakteri jenis tertentu.
4.PERITONITIS

        
Merupakan peradangan pada selaput perut (peritoneum)yang sering terjadi akibat penyebaran infeksi dari organ-organ abdomen,rupture salutan cerna,komplikasi pasca operasi,iritasi kimiawi,atau dari luka tembus abdomen.



5.KOLIK

Adalah gangguan pencernaan akibat salah cerna makanan yang merangsang lambung,seperti alkohol dan cabai yang mengakibatkan rasa nyeri.Produksi HCl yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus,sehingga timbul rasa nyeri yang disebut tukak  lambung.Gesekan akan lebih parah kalau lambung dalam keadaan kosong akibat tidak makan secara teatur pada akhirnya mengakibatkan perdarahan pada lambung.


6.APENDISTIS
    
Apendistis disebut jugapenyakit usus buntu.Penyakit ini disebabkan karena Apendiks atau umbai cacing terinfeksi sehingga terjadi peradangan yang disebut Apendistis.Infeksi dapat disebabkan karena sisa makanan yang masuk kedalam umbai cacing yang membusuk.


7.KANKER LAMBUNG
    
Adalah penyakit yang ada di lambung karena adanya bakteri helicobacter pylori.Penyakit ini disebabkan pola makan yang kurang sehat,kurang mengkonsumsi sayur dan buah.

8.GASTRITIS
     

Adalah suatu peradangan pada lambung yang di sebab kan oleh beberapa kondisi yang kompleks dan saling berkaitan.Penyebab nya adalah trauma fisik,stress,pola makan yang tidak teratur,dll.

Comments

Popular posts from this blog

REHABILITASI EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH ORDE BARU

APLIKASI ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG DAN SAPK)

PERENCANAAN PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA