JENIS - JENIS SARANA DAN PRASARANA KANTOR
Jenis
– Jenis Sarana dan Prasarana Kantor
Sarana
adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan
tujuan.
Sedangkan
prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang terutama terselenggaranya
sarana dan prasarana perkantoran.
1.
Peralatan
atau Perlengkapan Kantor ( office
Supplies )
Peralatan
atau Perlengkapan Kantor (Office Supplies)
Peralatan atau perlengkapan kantor adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, tepat, dan baik.
Peralatan atau perlengkapan kantor adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, tepat, dan baik.
a. Peralatan atau Perlengkapan dilihat
dari bentuknya
v Berbentuk
lembaran atau helaian (kertas). Contohnya :
berbagai jenis kertas, map, amplop dan lain – lain.
v Berbentuk
non lembaran (bukan berupa kertas lembaran). Contohnya : stapler, perforator,
binder clip, sandaran buku, bantalan stempel, ordner, gunting, pemotong kertas
dan lain – lain.
v Berbentuk
buku, antara lain :
a.
Buku catatan (block note) yaitu buku
yang digunakan untuk menulis catatan harian sekretaris.
b.
Buku pedoman organisasi yaitu buku
panduan tentang informasi yang berkaitan dengan organisasi.
c.
Buku alamat relasi yaitu buku yang
berisi tentang daftar alamat dari berbagai macam organisasi lain atau relasi
yang khususnya sering melakukan kerjasama.
d.
Buku telepon yaitu buku yang berisi
daftar telepon dari berbagai organisasi yang menjadi relasi dan nomor-nomor
penting lainnya.
e.
Kamus (bahasa Indonesia dan asing).
f.
Peta kota-kota besar.
g.
Buku tahunan yaitu buku yang berisi
tentang informasi perkembangan atau kemajuan perusahaan selama setahun
terakhir.
h.
Buku tamu yaitu buku yang digunakan
untuk mencatat tamu yang datang ke perusahaan.
i.
Buku agenda surat yaitu buku yang
mencatat surat keluar masuknya surat setiap hari.
j.
Buku catatan keuangan.
k.
Buku objek wisata (brosur atau pamflet).
b. Peralatan atau Perlengkapan dilihat
dari penggunanya
v Peralatan Habis Pakai adalah
barang atau benda kantor yang penggunaannya hanya satu atau beberapa kali pakai
atau barang tidak tahan lama. Contohnya : tinta, kertas, klip, pensil, pulpen,
dan lain-lain.
v Peralatan Tidak Habis Pakai barang
atau benda kantor yang penggunaannya tahan lama. Contohnya : Gedung, Kendaraan,
dll.
2.
Mesin
– Mesin Kantor (office Machine )
Mesin-mesin kantor adalah alat yang digunakan untuk
menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor
yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Cotohnya : komputer,
laptop, LCD (Liquid Crystal Display), mesin tik, mesin fotokopi, mesin
penghancur kertas (paper shredder), mesin pengganda dokumen, scanner, mesin
absensi, kalkulator.
3.
Mesin
Komunikasi Kantor ( Office Comunication )
Mesin komunikasi kantor adalah sarana kantor yang
digunakan untuk melakukan komunikasi baik di lingkungan organisasi sendiri
maupun ke luar organisasi. Contohnya : telepon, interkom,
faksimili dan telepon wireles.
4. Perabot Kantor ( Office Furniture )
Perabot
kantor adalah benda-benda kantor yang terbuat dari kayu atau besi untuk
membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor. Contohnya : Meja, kursi, sofa
(meja dan kursi untuk tamu) rak buku, lemari, filing cabinet, papan tulis,
brangkas/cash box, tempat majalah/koran meja resepsionis.
5. Interior Kantor ( Office Arrangement )
Interior
kantor adalah benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi
menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyelesaikan
pekerjaan. Contohnya : gambar-gambar,
patung, lukisan bendera, vas bunga jam dinding dan lain – lain.
Comments
Post a Comment