JENIS - JENIS SARANA DAN PRASARANA KANTOR



Jenis – Jenis Sarana dan Prasarana Kantor
Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan.
Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang terutama terselenggaranya sarana dan prasarana perkantoran.
1.     Peralatan atau Perlengkapan Kantor ( office Supplies )
Peralatan atau Perlengkapan Kantor (Office Supplies)
Peralatan atau perlengkapan kantor adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, tepat, dan baik.
a.      Peralatan atau Perlengkapan dilihat dari bentuknya
v  Berbentuk lembaran atau helaian (kertas). Contohnya :  berbagai jenis kertas, map, amplop dan lain – lain.
v  Berbentuk non lembaran (bukan berupa kertas lembaran). Contohnya : stapler, perforator, binder clip, sandaran buku, bantalan stempel, ordner, gunting, pemotong kertas dan lain – lain.
v  Berbentuk buku, antara lain :
a.       Buku catatan (block note) yaitu buku yang digunakan untuk menulis catatan harian sekretaris.
b.      Buku pedoman organisasi yaitu buku panduan tentang informasi yang berkaitan dengan organisasi.
c.       Buku alamat relasi yaitu buku yang berisi tentang daftar alamat dari berbagai macam organisasi lain atau relasi yang khususnya sering melakukan kerjasama.
d.      Buku telepon yaitu buku yang berisi daftar telepon dari berbagai organisasi yang menjadi relasi dan nomor-nomor penting lainnya.
e.      Kamus (bahasa Indonesia dan asing).
f.        Peta kota-kota besar.
g.       Buku tahunan yaitu buku yang berisi tentang informasi perkembangan atau kemajuan perusahaan selama setahun terakhir.
h.      Buku tamu yaitu buku yang digunakan untuk mencatat tamu yang datang ke perusahaan.
i.         Buku agenda surat yaitu buku yang mencatat surat keluar masuknya surat setiap hari.
j.        Buku catatan keuangan.
k.       Buku objek wisata (brosur atau pamflet).
b.      Peralatan atau Perlengkapan dilihat dari penggunanya
v  Peralatan Habis Pakai adalah barang atau benda kantor yang penggunaannya hanya satu atau beberapa kali pakai atau barang tidak tahan lama. Contohnya : tinta, kertas, klip, pensil, pulpen, dan lain-lain.
v  Peralatan Tidak Habis Pakai barang atau benda kantor yang penggunaannya tahan lama. Contohnya : Gedung, Kendaraan, dll.
2.     Mesin – Mesin Kantor (office Machine )
Mesin-mesin kantor adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Cotohnya : komputer, laptop, LCD (Liquid Crystal Display), mesin tik, mesin fotokopi, mesin penghancur kertas (paper shredder), mesin pengganda dokumen, scanner, mesin absensi, kalkulator.
3.     Mesin Komunikasi Kantor ( Office Comunication )
Mesin komunikasi kantor adalah sarana kantor yang digunakan untuk melakukan komunikasi baik di lingkungan organisasi sendiri maupun ke luar organisasi. Contohnya : telepon, interkom, faksimili dan telepon wireles.



4.     Perabot Kantor ( Office Furniture )
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang terbuat dari kayu atau besi untuk membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor. Contohnya : Meja, kursi, sofa (meja dan kursi untuk tamu) rak buku, lemari, filing cabinet, papan tulis, brangkas/cash box, tempat majalah/koran meja resepsionis.

5.     Interior Kantor ( Office Arrangement )
Interior kantor adalah benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya :  gambar-gambar, patung, lukisan bendera, vas bunga jam dinding dan lain – lain.

Comments

Popular posts from this blog

REHABILITASI EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH ORDE BARU

APLIKASI ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN (SIMPEG DAN SAPK)

PERENCANAAN PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA